23 Lagu Chrisye Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

Chrisye


Lagu Terbaik dan Terpopular Chrisye - Halo ketemu lagi di blog Oldies Night, kali ini saya akan share artikel daftar tentang lagu terbaik dari Chrisye.

Udah pada tau kan Chrisye? Penyanyi legendaris asal Indonesia ini memiliki nama asli Chrismansyah Rahadi. 

Karirnya di dunia musik sangat gemilang dimana lagu bawaannya dikenal luas oleh masyarakat dan banyak dicover oleh penyanyi hingga saat ini.

Chrisye memiliki suara yang sangat lembut dan khas, sedangkan genre lagu yang diusung kebanyakan bergenre Pop-Jazz dan sangat unforgettable dari segi lirik dan musikalitas.

Chrisye benar-benar menghasilkan banyak karya yang tak lekang oleh masa. Oleh karena itu tidaklah aneh bahwa Chrisye sangat dikenang walaupun setelah kepergiannya.

Sebagai informasi tambahan, Chrisye telah meraih berbagai penghargaan dari majalah Rolling Stone Indonesia dan telah dinobatkan sebagai musisi Indonesia terbaik nomor tiga sepanjang masa.

Baiklah, langsung saja ini dia lagu terbaik dari Chrisye. Selamat bernostalgia!

Catatan : posisi lagu tidak menentukan mana yang terbaik. Lagu yang dimuat di sini bisa saja merupakan ciptaan Chrisye sendiri atau ciptaan orang lain. 

 1. Badai Pasti Berlalu (1977)

Badai Pasti Berlalu merupakan hits andalan dari album Badai Pasti Berlalu yang dirilis pada tahun 1977 silam. Lagu ini juga merupakan soundtrack dari film yang berjudul Badai Pasti Berlalu.

Lagu ini dirilis dua kali, yang pertama tahun 1977 dan kemudian 1999. Pada 2007, album ini menduduki peringkat 1 dari 150 Album Indonesia Terbaik oleh majalah Rolling Stone Indonesia.

Dilihat dari judul dan liriknya, lagu ini memang menggambarkan ujian berat yang dilalui manusia dan pada akhirnya pasti akan ada kemudahan yang menanti.

2. Pergilah Kasih (1989)

Sebagaimana lagu Badai Pasti Berlalu, lagu Pergilah Kasih juga merupakan hits andalan dari album Chrisye yang berjudul Pergilah Kasih.

Lagu ini menggambarkan kerelaan dan ketulusan hati seseorang atas kepergiaan pasangannya yang ingin menggapai cita - cita. Wah, hebat ya!

Lagu ini dirilis dalam 2 aransemen, aransemen dalam album ini dan dalam album berikutnya.

3. Damai Bersama - Mu (1996)

Chrisye memang tidak hanya menyuguhkan lagu bertemakan cinta gan. Sebagaimana lagu Badai Pasti Berlalu, lagu Damai Bersama - Mu ini juga mengusung tema yang spritual.

Lagu Damai Bersama - Mu ini merupakan lagu rohani, tapi tidak mengikat kepada satu agama. Berisi tentang kepasrahan dan ketergantungan manusia kepada Sang Pencipta.

Menurut saya, lagu ini memang sedamai judulnya. Enak dan tentram. Nadanya juga enak kok, jadi ga hanya liriknya saja yang dalam.

Menurut kamu?
Bila ku jauh dari diri - Mu
Akan ku tempuh semua perjalanan

4. Kangen (2002)

Sebenernya lagu ini awalnya bukan dibawakan dan diciptakan oleh Chrisye, tetapi Ahmad Dhani lho! Jadi Chrisye hanya mengaransemen lagi lagu ini menjadi gayanya sendiri.

Sebagaimana diketahui bahwa lagu ini merupakan salah satu masterpiece dari Ahmad Dhani.

Meskipun demikian, lagu ini sudah menjadi image dari Chrisye dan aransemennya memang sangat cocok dinyanyikan Chrisye. Dirilis di album Dekade pada tahun 2002 silam namun lagu ini memang sangat familiar hingga sekarang.

5. Seperti Yang Kau Minta (2002)

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang ingin menjadi sosok idaman dan impian dari kekasihnya. Ibarat kata sempurna deh menurut si dia.

Bermain di nada dasar E Mayor, lagu ini sangat bagus dari segi musikalitas dan liriknya. Menurut beberapa sumber, lagu ini awalnya diciptakan oleh Pongki Barata yang dimasukkan ke dalam album Dekade milik Chrisye pada tahun 2002 silam.

Kaget kan?

Sama, saya juga kaget. Masalanya sama seperti Kangen, lagu Seperti Yang Kau Minta sudah sangat melekat dengan image dari Chrisye.

Apa ini yang namanya penyanyi sakti dan professional? Bisa membuat lagu yang bukan buatannya menjadi lagu yang sangat melekat dengan jati diri dan ciri khasnya?

Hanya Chrisye yang bisa (mungkin).

6. Kisah Kasih di Sekolah (2002)

Satu lagi lagu yang sudah sangat identik dengan sosok Chrisye namun sayang bukan lagu aslinya. Yap, Kisah Kasih di Sekolah adalah salah satu hits dalam album Dekade yang rilis pada tahun 2002 silam.

Bercerita tentang kenikmatan ketika masa - masa bersekolah. Cerita indah, kenangan, kebahagiaan, bahkan cinta dan kasih sayang yang dapat dirasakan di masa sekolah telah menginspirasi penciptanya untuk membuat lagu ini.

Lagu ini aslinya adalah lagu yang dibawakan oleh Obbie Messakh. Namun Chrisye mengaransemen ulang dan dimasukkan ke albumnya.

Sekali lagi, lagu ini emang udah sangat identik dengan karakter Chrisye.

7. Untukku (1997)

Lagu ini udah sangat legend gan, Kahitna bahkan pernah mengcover dan mengaransemen lagu ini.

Dirilis pada 1997 dalam album Kala Cinta Menggoda dan bermain di nada dasar G Mayor, lagu ini memang sangat fenomenal karena dinyanyikan dengan indah dan terasa manis sekali. Synth yang digunakan dalam lagu sangat membantu dan menyempurnakan aransemen lagu ini.

Liriknya juga sangat puitis gan, entah kenapa paduan majas yang menyusun lagu ini terasa sangat pas.

Seinget saya lagu ini juga pernah dipakai sebagai backsound iklan di TV sehingga udah sangat popular.
Walau ke ujung dunia, pasti akan kunanti
Meski ke tujuh samudera, pasti akan kutunggu

 8. Selamat Jalan Kekasih (1983)

Ini dia nih lagu dengan tema mirip dengan Pergilah Kasih, sama - sama bertemakan perpisahan karena sang kekasih ingin menggapai angan dan cita - cita.

Diawali dengan denting tuts, lagu ini bermain di nada dasar C Mayor.

Percayalah, lagu ini memang salah satu single palig hits dari Chrisye dan terdapat dalam album Metropolitan yang dirilis pada tahun 1983 silam.

9. Andai Aku Bisa (2001)

Lagu ini merupakan hits andalan dari album Konser Tur 2001 dan merupakan soundtrack dari film Tampan Tailor.

Bermain di nada dasar B Mayor, sebuah nadar dasar yang kurang lumrah, tidak menjadikan lagu ini biasa - biasa saja. Lagu ini, menurut saya, keren banget.

Bercerita tentang penyesalan seseorang terhadap keputusan yang diambilnya. Hal ini terlihat dari judul dan baris pertama lagu ini, "Andai Aku Bisa, Mengulang Kembali . . ."
Andai aku bisa . . .
Memutar kembali
Waktu yang t'lah berjalan
'Tuk kembali bersama
Di dirimu, s'lamanya
Pokoknya manstab lah buat lagu ini.

10. Lilin - Lilin Kecil (1977)

Lagu ini dinyanyikan Chrisye dalam rangka mengikuti lomba Cipta Lagu Remaja tahun 1977 silam.

Bercerita tentang sesuatu yang kecil dan biasa dianggap remeh oleh kebanyakan oranga tetapi berusaha untuk semakin besar dan berguna.

Menurut saya, lagu ini memang cocok banget untuk diikutkan lomba lagu remaja karena isinya juga bukan tentang percintaan. Dari segi musikalitas, lagu ini memang mudah akrab di telinga lho!
 Gelap kini, akankah berganti?

 11. Hening (1983)

Dirilis pada 1983 silam dalam album Resesi, lagu ini bertemakan tentang alam semesta dan ciptaan - Nya.

Dalam lagu ini benar tergambarkan bahwa Chrisye bukanlah penyanyi yang hanya menyanyikan lagu cinta saja. Lagu ini memang easy listening dan bisa untuk intermezzo dan mengagumi kebesaran - Nya.

12. Merpati Putih (1977)

Lagu ini majasnya tinggi banget lho gan! Nada dan aransemennya bagus.

Dirilis dalam album terbaik Chrisye, Badai Pasti Berlalu, tahun 1977 silam dan merupakan salah satu hits terbaik Chrisye sepanjang massa.

Yang bikin manis adalah aransemen musiknya yang dipadukan dengan berbagai macam alat musik dan petikan gitar klasik sederhana namun sangat indah terdengar.

Tak aneh jika saya memasukkan lagu ini di dalam daftar ini.

13. Kisah Cintaku (1988)

Sebuah lagu yang pernah diaransemen oleh Peterpan dan menjadi hits andalan pada album Jumpa Pertama yang rilis pada 1988 silam.

Bisa dibilang lagu ini sedikit "suram" karena memang mengusung tema tentang perpisahan dua insan yang saling mencinta dikarenakan maut.
Mengapa terjadi, kepada dirimu?
Aku tak percaya, engkau telah tiada
Haruskah ku pergi, tinggalkan dunia
Agar aku dapat, berjumpa denganmu?

14. Selamat Tinggal Sayang (1985)

Menjadi salah satu hits paling fenomenal yang pernah dibawakan oleh Chrisye. Lagu ini memang sangat cocok dengan karakter suara Chrisye yang lembut dan sendu.

Mungkin lagu ini adalah lagu galaunya remaja yang putus dengan pacar pada masa 80'an.

Mengapa?

Dari segi judul dan lirik, udah jelas! Nada dan aransemen dalam lagu ini memang match dengan liriknya. Ditambah karakter dan ciri khas Chrisye yang menyempurnakan lagu ini.

Yang bikin manstab lagu ini adalah paduan antara piano, synth, dan solo gitar yang porsinya PAS!

Pokoknya lagu ini suasananya orange dan sangat melankolis.
Kusendiri
Teringat masa indah kita berdua . . .
Kuimpikan
Dirimu dan diriku mengikat janji . . .

15. Selamat Bahagia Kasih (1988)

Hujan pun turun di pagi ini
Masih kurasa, hangat tanganmu
Hapuslah air matamu kasih
Mari tersenyum, sambutlah esok
Ini memang salah satu Greatest Hits dari sosok Chrisye yang legendaris. Sumpah, kadar kegalauannya sangat tinggi.

Menceritakan tentang seseorang yang merelakan kekasihnya untuk bersama orang lain karena suratan takdir.

Judul "Selamat Bahagia Kasih" merupakan ucapan selamat kepada kekasih yang menempuh hidup baru bersama orang lain. Walaupun orang yang mengucapkan selamat itu sebenarnya menahan sakit di hatinya.

Dirilis pada 1988 dalam album Jumpa Pertama, Selamat Bahagia Kasih merupakan salah satu hits andalan album ini.

16. Hip Hip Hura (1985)

Hip Hip Hura merupakan lagu yang ceria dan "menggemaskan" lho!

Bagaimana tidak, lagu ini dibuat dengan penuh suka cita dan menggambarkan suasana hati yang berbunga - bunga saat dilanda mabuk asmara.

Merupakan hits andalan dalam album Hip Hip Hura yang rilis pada 1985 silam.
Ingin hatiku mencium pipinya
Tapi malu rasanya
Oh hip hip hura hura…
Aku suka dia…
Aku jatuh cinta…

17. Aku Cinta Dia (1985)

Aku Cinta Dia menjadi hits paling diandalkan dalam album Aku Cinta Dia tahun 1985. Lagu ini menjadi andalan dari album tersebut yang mana telah laris sebanyak satu juta kopi dan mendapatkan sertifikat gold. Pencapaian yang luar biasa!

Biasanya Chrisye membawakan lagu - lagu mellow dan terkesan "murung", namun jauh berbeda dengan lagu ini lho!

Lagu ini memiliki nada dan aransemen yang ceria sekali, didukung dengan tempo yang lumayan ngebeat. Maklum saja, lagu ini memang menggambarkan hati yang berbunga - bunga saat jatuh cinta.

Kamu pasti pernah kan jatuh cinta? Dengerin lagu ini, niscaya kamu akan teringat kembali indahnya jatuh cinta :)
Oh Tuhan tolonglah!
Aku cinta, aku cinta dia!

18. Pelangi (1977)

Lagu berjudul Pelangi ini adalah salah satu hits dalam album Badai Pasti Berlalu tahun 1977 silam.

Memang tak salah lagi, lagu ini pantas masuk ke dalam list ini karena memang lagu ini berkualitas baik dari segi aransemen dan musikalitas maupun liriknya.

Entah mengapa lagu ini cepat sekali akrab di telinga saya saat pertama kali mendengarnya. Mungkin memang lagunya enak kali ya :)
Kau dengar? Laguku
Dalam simfoni

19. Sendiri Lagi (1993)

Tinggalah ku sendiri
Dalam sepi ini
Tiada temanku lagi
Tiada arti hidupku
Bila kau tak di sisiku
Merupakan ace dari album Sendiri Lagi tahun 1993 silam, lagu ini dengan cepat akrab dan populer di kalangan penikmat musik kala itu.

Bagaimana tidak? Synth yang digunakan dalam lagu ini sangatlah halus dan lembut, cocok dengan karakter dari lagu ini yang kesepian. Ditambah suara Chrisye yang mantap membuat lagu ini enak didengar.

20. Cintaku

Well, lagu ini kerasa banget nuansa pop-jazznya. Lagu Cintaku dirilis pada tahun 1977 silam dalam album Badai Pasti Berlalu.

Meskipun umurnya sudah tua namun aransemen lagu ini tidak lekang dimakan usia. Terbukti hingga sekarang lagu ini masih banyak dicover dan dinyanyikan dalam berbagai event.

Alunan gitar akustik string pada bagian intro sangat berkesan dengan nuansa pop-jazz yang begitu kental. Alunan melodi biola pada bagian interlude menambah musikalitas dan kesan elegan.
Tiada ada yang kuasaMelebihi ...Indahnya ...Nikmat bercinta

21. Kala Cinta Menggoda

Lagu ini, mirip seperti Cintaku, sama-sama mengusung genre pop-jazz yang kental terbukti dari aransemennya.

Dirilis pada album Kala Cinta Menggoda tahun 1997 dan menjadi lagu andalan dalam album tersebut.

Hal yang unik dalam lagu ini adalah keberadaan suara-suara nyanyian sinden Jawa pada bagian interlude. Berkatnya, lagu ini juga mengusung tema kearifan budaya lokal.
Maka izinkanlah aku mencintaimuAtau bolehkah aku sekedar sayang padamu

22. Cinta

Nah kalau lagu ini, sangat kental unsur jazznya. Sangat.

Lagu Cinta dirilis pada tahun 1999 berdasarkan lagu dengan judul yang sama oleh Vina Panduwinata pada tahun 1986.

Lagi-lagi, pembawaan dan karakter vokal Chrisye sangat cocok dalam menyanyikan lagu ini. Pada bagian awal (intro), lagu ini terdengar sangat misterius namun mendadak jadi keren saat solo gitar distorsi ikut menyemarakkan.
Genggamlah daku kini juga nantiHarapan di hatikuBawalah diriku slamanya...

23. Anak Sekolah

Kalau yang satu ini, lagu legendaris!

Saya dan band pernah membawakan lagu ini dalam konser yang diselenggarakan skala kampus.

Dirilis dalam album Nona Lisa tahun 1986 silam tidak membuat lagu ini kuno. Karena temanya masih ada kaitannya dengan bangku sekolah maka biasanya lagu ini sering dibawakan dalam pensi tingkat SMA. Nostalgic sekali!
Ingin kubisikkan cinta

Tapi hati ini malu jadinya!

Engkau masih anak sekolah,

Satu SMA

Penutup

Meskipun telah tiada, tidak dapat dipungkiri bahwa karya dan warisan dari Alm. Chrisye masih populer dan sering didengar di masyarakat dan pecinta musik lawas.

Menurut pendapat saya pribadi, alasan mengapa hal itu terjadi adalah karena Chrisye selalu berkarya dan bernyanyi dengan segenap hati sehingga dihasilkanlah master piece yang totalitas.

Ciri khas dari lagu - lagu Chrisye adalah menggunakan instrumen yang kaya, aransemen yang lembut dan manis, serta karakter suara yang halus.

Kebanyakan lagu populer dari Chrisye ialah lagu yang memiliki aura suram dan sedih, namun ada juga lagu yang ceria dan semangat.

Itu dia lagu Chrisye yang terbaik dan terpopular versi The Oldies Night. Kamu punya saran? Komen di bawah :).

Sumber Wikipedia
Yusuf Noer Arifin

Menyukai kreativitas, pemikiran kritis, dan pemecahan masalah. Untuk menghubungi saya, silakan kunjungi halaman kontak ya!

20 Komentar

  1. Komentar pertama gan...hahaha :-d nais nais nasi eh :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, mantap lah agan makasih kunjungannya :)

      Hapus
  2. lagu kisah cintaku juga bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, mangkanya Peterpan pernah aransemen dan dibawain lagi tuh lagunya. Makasih kunjungannya :)

      Hapus
  3. wew ternyata banyak lagu tenar jaman skrg punya alm, ane kira punya yg bawain :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, memang banyak lagu - lagu yang aslinya dibawain sama Chrisye tapi diaransemen lagi sama penyanyi zaman sekarang. Btw makasih kunjungannya gan :)

      Hapus
  4. kirain ada link comotnya gan hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo link comot mah ambil di web lain aja gan, ane cuman review lagunya doangan. Makasih kunjungannya gan :)

      Hapus
  5. ga sekalian ama link downloadnya ni sob? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link download comot di blog orang aje sob wkwk. Makasih kunjungannya :)

      Hapus
  6. wah lagunya jadoel semua yah.... mantab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Joa gan, namanja djoega the oldies night. Btw makasih koendjoengannja! :v

      Hapus
  7. wah lagunya lawas semua tapi keren

    BalasHapus
  8. Lagi nyari-nyari lagu chrisye, nemu blog ini jadi tahu lagu-lagu yang paling enaknya, makasih yaa

    BalasHapus
  9. Lagi nyari-nyari lagu chrisye, nemu blog ini jadi tahu lagu-lagu yang paling enaknya, makasih yaa

    BalasHapus
  10. Lagi nyari-nyari lagu chrisye, nemu blog ini jadi tahu lagu-lagu yang paling enaknya, makasih yaa

    BalasHapus
  11. Jadi pengen dengerin lagi nih lagunya si mas crisye

    BalasHapus
  12. Bagus2 lagunya alm.Chrisye. Salah satu penyanyi legend Indonesia

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama